Pemerintah Desa Diajak Ikut Tingkatkan Minat Baca Lewat Perpustakaan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Februari 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Komari mengajak pemerintah desa ikut meningkatkan minat baca masyarakat lewat perpustakaan desa.

Peran dari pemerintah desa dalam mendorong peningkatan minat baca masyarakat desa sangat penting. Di antaranya dapat dilakukan dengan menyediakan perpustakaan yang memadai.

"Fasilitas itu sangat bermanfaat bagi semua usia dan dapat mendukung upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat secara merata hingga pelosok," ucap Komari, Jumat, 14 Februari 2020.

Dia mengatakan, perpustakaan merupakan gudang ilmu. Banyak sumber-sumber ilmu pengetahun, keterampilan dan sebagainya yang bisa didapatkan di perpustakaan.

Selain itu, pihaknya juga akan tetap membina desa-desa bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, agar setiap desa menganggarkan dana untuk kegiatan perpustakaan desa.

"Ini sesuai dengan Permendagri Nomor 3 tahun 2021 tentang satu desa satu perpustakaan. Jadi, kami masih tetap membina itu dan setiap desa harus terbentuk perpustakaan desa," tuturnya.

Komari berharap, melalui program satu desa satu perpustakaan maka minat baca pun akan semakin meningkat. Sehingga wawasan dan pengetahuan masyarakat akan bertambah. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru