Bupati Barito Timur Harap Musrenbang Dapat Perbaiki Sistem Perencanaan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Februari 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengharapkan penyelenggaraan musyawarah rencana pembangunan atau musrenbang kecamatan menjadi ajang untuk menyempurnakan sistem perencanaan pembangunan ke depannya.

Ampera menyampaikan pesan itu untuk musrenbang di 10 kecamatan yang akan dilaksanakan hingga 27 Februari 2020 nanti.

"Perencanaan ini melibatkan unsur-unsur pengambil kebijakan tingkat kabupaten, seperti dinas, badan, unit satuan kerja, dan DPRD sebagai fasilitator musrenbang kecamatan tahun 2020," kata Ampera, Jumat, 14 Februari 2020.

Menurutnya, hal ini dimaksudkan agar dapat diketahui secara jelas prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan masing-masing desa atau kelurahan dan kecamatan, disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

Ampera juga menjelaskan, pada hari kedua musrenbang di Kecamatan Raren Batuah, Camat Raren Batuah menyampaikan 106 usulan prioritas.

"Apa yang disampaikan merupakan rekapitulasi skala prioritas sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur," imbuhnya

Dia melanjutkan, untuk pelaksanaan Musrenbang tahun anggaran 2020 sudah menggunakan aplikasi e-Musrenbang, dimana seluruh kecamatan akan menginput hasil musrenbang desa baik secara online maupun offline.

"Penggunaan aplikasi E-Musrenbang ini penting dilakukan, agar usulan musrenbang desa maupun kecamatan yang belum terakomodir tidak hilang begitu saja, melainkan ada dalam daftar prioritas dan daftar tunggu untuk program berikutnya," pungkas Ampera. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru