Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pabrik Kelapa Sawit Bisa Jadi Sumber PAD Kotim

  • Oleh Naco
  • 14 Februari 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Abdul Kadir mendorong agar Badan Usaha Milik daerah (BUMD) di Kotim ini memperhatikan usaha di sektor perkebunan. 

"Keinginan kita yang bisa dilakukan BUMD salah satunya dengan membangun pabrik pengolahan buah kelapa sawit (PKS)," kata Abdul Kadir, Jumat, 14 Februari 2020.

Saat ini, kata Abdul Kadir, hasil kebun milik masyarakat cenderung dijual ke pabrik milik investor. Sehingga di situ permainan harga sangat rentan terjadi. Namun jika ada milik pemerintah, maka bisa terjamin harga yang baik untuk masyarakat.

"Salah satu usaha yang sangat besar dampaknya yaitu pembuatan pabrik kelapa sawit. Itu bisa menampung buah hasil milik masyarakat dengan begitu pemerintah bisa mendampatkan untung. Itu menjadi pendapatan asli daerah (PAD), sementara masyarakat bisa sejahtera," tukas anggota Komisi I itu.

Selama ini, daerah masih berkutat untuk urusan kecil untuk mendongkrak PAD Kotim, jika dilakukan terobosan dengan pembangunan pabrik kelapa sawit, dirinya yakin akan sukses.

"Karena itu usaha milik pemerintah dan pemerintah juga yang berikan izin dan saya rasa tidak sulit untuk urusan perizinannya," ungkapnya.

Dia mengatakan, lahan-lahan milik masyarakat itu dibentuk koperasi. Mereka dikoordinasikan, sehingga buah-buah mereka itu dikelola koperasi dan dipasok ke pabrik milik pemerintah.

Saat ini, kata Abdul Kadir sejumlah pabrik non kebun mulai berdiri. Meski dalam syarat minimal harus  memiliki cadangan buah yakni sekitar 20 persen dari kapasitas pabrik. (NACO/B-11)

Berita Terbaru