Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Heru Hidayat Ajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020

  • Oleh Budi Yulianto
  • 14 Februari 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Salah satu tokoh pemuda di Kalimantan Tengah, Heru Hidayat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mensukseskan sensus penduduk.

Ajakan ini seiring dengan dimulainya sensus penduduk oleh Badan Pusat Statistik atau BPS sejak Jumat, 14 Februari 2020.

"Mari berpartisipasi sukseskan sensus penduduk yang dilaksanakan BPS sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik," kata Heru Hidayat.

Menurut mantan anggota DPRD Kalteng ini, kegiatan sensus penduduk itu harus didukung semua kalangan karena memiliki tujuan yang penting. Yakni memperoleh data dasar kependudukan yang sangat strategis dan terkini dalam rangka menuju satu data kependudukan Indonesia.

Heru berharap, data sensus penduduk yang diperoleh dari masyarakat memiliki manfaat yang baik dalam menunjang berbagai kebijakan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, khususnya Kalimantan Tengah.

Heru menambahkan, meski ada 2 tahapan proses sensus penduduk, yang terpenting adalah masyarakat mengetahui informasi mengenai sensus tersebut dan turut berpartisipasi membantu memberikan informasi tentang Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat tempat tinggal, serta kesesuaiannya dengan data administrasi kependudukan.

“SP2020 (sensus penduduk 2020) dilaksanakan dua tahap yaitu tahap 1 dengan sensus online di sensus.bps.go.id dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dan tahap 2 yaitu sensus wawancara 1 sampai 31 Juli 2020,” tutur Heru. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru