Kasat Sabhara Polres Kapuas Berikan Materi pada Latihan Kerja Siswa Diktuba SPN

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Februari 2020 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kasat Sabhara Polres Kapuas, Iptu Jimin memberikan materi pengaturan, penjagaan, dan patroli atau turjawali pada latihan kerja (latja) sejumlah siswa Diktuba SPN Polda Kalteng.

Siswa yang melaksanakan latihan kerja dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka mengikuti pelajaran yang sudah ditentukan oleh Polres Kapuas.

“Untuk materi awal yang kami berikan kepada siswa latja adalah turjawali, agar siswa tahu bagaimana pelayanan langsung kepada masyarakat di lapangan,” kata Jimin, Sabtu, 15 Februari 2020.

Dalam latihan kerja tersebut, anggota sabhara mendampingi para siswa turun langsung ke lapangan. Mereka melaksanakan penjagaan mako di depan gerbang Polres Kapuas, melayani, dan mengarahkan masyarakat yang ingin membuat Surat Izin Mengemudi atau SIM.

Kemudian juga mengarahkan masyarakat yang ingin membuat Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), serta yang ingin laporan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

“Anggota Satsabhara juga mengajak siswa latja melakukan pengecekan tahanan dan pelayanan kepada masyarakat yang hendak menitipkan makanan kepada tahanan di Rutan Polres Kapuas,” tuturnya.

Selain itu, siswa Latja juga ikut patroli ke bank-bank yang ada Kapuas. Mereka diajarkan bagaimana cara memeriksa dan mengenali masyarakat-masyarakat yang gerak-geriknya mencurigakan. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru