Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Desa Diminta Data Warga Disabilitas yang Belum Memiliki KTP

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Februari 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala desa di Barito Timur diharapkan berperan aktif mendata warga penyandang disabilitas yang belum memiliki maupun melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Barito Timur, Nakaria F Pundeh menerangkan, pendataan tersebut akan memudahkan petugas disdukcapil untuk mendatangi warga penyandang disabilitas dan melakukan perekaman KTP-E.

"Itu termasuk yang lanjut usia juga petugas kita akan datang ke sana untuk membantu perekaman dan pembuatan KTP Elektronik," kata Nakaria, Sabtu, 15 Februari 2020.

Menurutnya, perekaman dan pembuatan KTP-E buat penyandang disabilitas tersebut penting untuk memenuhi hak-hak kependudukan mereka dan juga hak pilih dalam pemilihan umum termasuk Pilkada Kalteng tahun ini.

"Selain itu syarat untuk mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah kan harus punya KTP Elektronik, jadi ini sangat penting untuk diperhatikan," imbuhnya.

Nakaria menjelaskan, data-data penyandang disabilitas yang belum melakukan perekaman KTP-E, setelah dikumpulkan oleh desa dapat dilaporkan ke disdukcapil, agar petugas dapat melakukan perekaman.

"Dalam beberapa pertemuan di kecamatan maupun desa sudah kami sampaikan, ada beberapa desa yang responnya bagus jadi kita langsung turun ke sana untuk lakukan perekaman, ada juga desa yang sampai hari kurang respon," paparnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru