Pramuka Diharapkan Miliki Life Skill dan Teknik Kepramukaan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 Februari 2020 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota pramuka diharapkan memiliki life skill atau kecakapan hidup dan teknik kepramukaan secara bersamaan. Harapan ini sesuai dengan salah satu digelarnya Jelajah Medan Pramuka Penggalang atau JMPP Cup 2020 Kota Palangka Raya di SMK Karsa Mulya pada Sabtu, 15 Februari 2020.

"Kali ini temanya adalah kita memiliki karakter, kita memiliki elok, kita juga miliki spiritual dan empati serta tenggang rasa antara satu dan yang lain. Harapannya para penggalang di kwartir cabang Palangka Raya ini dapat memperhatikan bahwa pramuka itu terbagi menjadi dua yaitu teknik kepramukaan dan life skill," kata Pembina Kegiatan JMPP, Yakub Priyo Sudarmono.

Karena tujuan inilah, lanjut Yakub, acara JMPP menggunakan dua metode sesuai dengan anggaran dasar, kode etik, juga dasar-dasar kepramukaan di alam terbuka.

"Di alam terbuka kita mainkan dengan kegiatan menarik, sehingga mereka juga suka cita dengan riang gembira menjalankan kegiatan ini," tambah Yakub.

Meskipun tadi pagi sempat hujan, tidak mengurangi semangat 26 regu putra dan putri yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan anak-anak bertambah kecakapannya. Harusnya setiap lomba itu SKU dan SKK, syarat umum dan khusus itu sudah tertandatangani. Para pembina diharapkan bisa menambah untuk adik-adiknya, menambah syarat kecapakan umum dan syarat kecakapan khususnya," tegasnya.

Sementara itu, Kepala SMK Karsa Mulya sekaligus Mabigus, Marsiyo yang membuka kegiatan tersebut mengharapkan dapat menghasilkan pramuka yang tangguh.

"Harapannya adik-adik dapat menjadi pramuka yang mampu rajin, hemat, disiplin, mandiri dan berprestasi atau disingkat Rahedimasi," kata Marsiyo. (TESTI PRISCILLA/B-7)

Berita Terbaru