Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bisa Dimakan, Bunga Dandelion Mencegah Kanker hingga Diabetes

  • Oleh Teras.id
  • 16 Februari 2020 - 08:50 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Bunga dandelion atau Taraxacum spp memiliki bentuk yang cantik, warnanya kuning atau putih. Sering dianggap gulma, ternyata bunga ini bisa di makan dan memiliki khasiat yang secantik rupanya. Bahkan digunakan dalam pengobatan herbal. Manfaat ini bisa didapatkan dari bunga, daun, hingga akarnya.

Daun dandelion merupakan sumber vitamin, seperti vitamin A, C, K, E, dan B9. Daunnya ini juga mengandung mineral, seperti zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium. Akar dandelion kaya dengan karbohidrat inulin, jenis serat yang larut dalam air.

Seelok rupanya, bunga dandelion mengantongi berbagai khasiat dan manfaat, misalnya:

1. Mengendalikan radikal bebas

Bunga dandelion kaya dengan molekul antioksidan. Antioksidan membantu mengendalikan radikal bebas berlebih di tubuh. Sebab, radikal bebas berlebih dapat memicu kerusakan sel dan bisa berujung pada penyakit.

Salah satu molekul antioksidan dalam dandelion adalah beta karoten, yang juga terkandung dalam buah seperti wortel. Bunga ini pun mengandung kelompok molekul antioksidan polifenol, dengan konsentrasi tertinggi yakni pada bunganya.

2. Mengendalikan gula darah

Dandelion mengandung senyawa bioaktif asam chicoric dan asam klorogenat. Keduanya diyakini berpotensi untuk mengendalikan gula darah. Temuan ini didapatkan berdasarkan berbagai riset pada hewan, seperti yang dimuat di sebuah studi dalam jurnal The Review of Diabetic Studies.

Riset lanjutan tentunya masih diperlukan untuk menguatkan khasiat bunga dandelion untuk pengendalian gula darah tersebut.

3. Menurunkan kolesterol

Tak hanya pengendalian gula darah, dandelion juga disebutkan berpotensi untuk menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Walau kajian lebih jauh masih dibutuhkan, diperkirakan bahwa senyawa bioaktif dalam tanaman inilah yang membantu pengendalian kolesterol tersebut.

4. Menjaga kesehatan hati

Berbagai studi pada hewan menemukan bahwa dandelion dapat melindungi organ hati. Misalnya, beberapa penelitian tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak dandelion dapat melindungi organ hati agar terhindar dari kelebihan lemak, serta mencegah terjadinya tekanan oksidatif.

Studi pada manusia diperlukan lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal ini karena adanya perbedaan metabolisme antara manusia dengan hewan.

Berita Terbaru