Pekan Ini Anggota DPRD Kotim Sambangi Konstituen

  • Oleh Naco
  • 16 Februari 2020 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie A Gagah mengatakan, para anggota DPRD Kotim pekan ini akan menyambangi konstituen mereka masing-masing.

Itu melalui kegiatan reses ke daerah pemilihan masing-masing. Reses yang digelar ini akan diselenggarakan secara perorangan seperti biasanya.

“Sesuai dengan jadwal tanggal 17 Februari 2020 hingga sepekan kedepan adalah jadwal reses anggota," kata Ketua DPRD Kotim, Rinie  A Gagah, Minggu, 16 Februari 2020.

Menurut Rinie mereka ke dapil untuk melihat dan sekaligus menyerap aspirasi pembangunan di dapilnya yang akan jadi bahan  masukan DPRD ke Pemkab Kotim.


Politisi PDI Perjuangan Kotim tersebut menyebutkan pertemuan dengan semua elemen tersebut bertujuan untuk menyerap sebanyak-banyaknya aspirasi maupun koreksi dari masyarakat. 

"Hal ini sangat penting sebagai bahan bagi DPRD dalam merumuskan kebijakan bersama pihak eksekutif," tegasnya.


Reses juga menjadi kesempatan bagi anggota dewan untuk memantau perkembangan pelaksanaan program pembangunan oleh pemerintah kabupaten. Tidak hanya terkait program fisik, tetapi juga nonfisik seperti peningkatan sumber daya manusia masyarakat.


Hasil pengawasan di lapangan akan menjadi bahan bagi anggota dewan dalam mengevaluasi capaian pelaksanaan program pembangunan. Jika ada kekurangan, maka hasil pengawasan tersebut disampaikan kepada instansi terkait untuk ditindaklanjuti dan diperbaiki.


“Nanti hasil reses ini akan disampaikan secara resmi ke pemerintah dalam forum rapat paripurna di DPRD Kotim," tukasnya.


Menurutnya, reses ini merupakan momentum milik legislator untuk menyerap aspirasi. Hal ini sama saja dengan kegiatan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) yang digelar setiap tahun.

Berita Terbaru