Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi Nasdem Minta Pemkab Murung Raya Perhatikan Akses Telekomunikasi Warga Pedalaman

  • Oleh Reno
  • 16 Februari 2020 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Murung Raya, Maria Hetty meminta kepada pemerintah kabupaten atau Pemkab agar memperhatikan persoalan akses telekomunikasi bagi warga pedalaman bisa terselesaikan, apalagi saat ini sudah memasuki era digital yang semuanya terbangun dengan sistem internet.

Menurutnya bila desa belum menikmati jaringan telekomunikasi, makanya penduduknya dipastikan kurang mengetahui informasi maupun berita terbarukan.

“Kita berharap agar penderitaan masyarakat dalam bidang teknologi informasi dapat teratasi, karena ini persoalan lama yang sampai saat ini belum terpecahkan. Mereka di kampung sudah lama merasakan keterisolasian infrastruktur dasar, jalan, jembatan dan sarana lainnya, termasuk persoalan telekomunikasi ini,” kata Maria, Minggu 16 Februari 2020.

Maria menyebutkan persoalan mendasar ini setidaknya perlu diatasi dengan segera, mengingat Kabupaten Murung Raya sudah menginjak usia 17 tahun pascapemekeran dari Kabupaten Barito Utara pada 2002.

“Setidaknya pemerintah tidak hanya memperhatikan infrastruktur dasar saja, namun pada bidang telekomunikasi ini juga harus diperhatikan, mengingat akses telekomunikasi penting, terutama bagi pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan,” sebutnya.

Ia menyebut selama ini masyarakat sulit berkomunikasi lantaran tidak adanya fasilitas komunikasi yang tersedia.

“Memang kendala masyarakat selama ini tidak bisa berkomunikasi dengan sanak saudara mereka di kota baik itu di kabupaten itu sendiri maupun luar daerah,” ucapnya.

Dengan kondisi begitu, Maria meminta kepada pemerintah daerah agar mencari jalan keluar agar masalah ini bisa teratasi dan masyarakat desa tidak berlarut-larut dalam kesulitan komunikasi.

“Sekarang teknologi semuanya serba canggih, orang bisa mengetahui kejadian diluar daerah maupun luar negeri bisa melalui internet, nah sekarang kendala masyarakat kita tidak bisa berkomunikasi maupun menghimpun informasi dari internet melalui smart phone yang sudah serba canggih saat ini,” tuturnya.

Keluhan terbatasnya akses komunikasi ini disampaikan hampir sebagian besar warga dari kegiatan kunjungan yang dilakukannya di daerah yang jauh dari kecamatan induk, terutama daerah perdesaan wilayah daerah pemilihan (Dapil) meliputi Kecamatan Seribu Riam, Uut Murung dan Sumber Barito.

Berita Terbaru