Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kotawaringin Timur Pimpin Launching Sensus Penduduk Online

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Februari 2020 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekda Kotawaringin Timur (Kotim) memimpin launching sensus penduduk berbasis online tahun 2020, program Badan Pusat Statistik (BPS) Sampit, Senin, 17 Februari 2020.

"Mari kita bersama-sama menyukseskan sensus penduduk secara online tahun ini. Data sensus kependudukan itu modal penting untuk pembangunan daerah," kata Halikinnor.

Sensus penduduk berbasis online sendiri dilaksanakan sebagai upaya untuk untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia.

Sebab, tujuan sensus ini yakni guna menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan.

Sementara, sensus penduduk online ini dilakukan pertama kali BPS. Namun bukan berarti hanya bisa dilakukan melalui internet saja. Tetapi perpaduan antara sensus manual dan online.

"Jadi di beberaa tempat yang tidak ada jaringan internetnya, menggunakan sistem manual. Sehingga bukan semata-mata online," kata Halikinnor.

Sementara, pihaknya sendiri akan menggunakan data dasar dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil). Sehingga jika nantinya sudah selesai, maka diharapkan nantinya tidak lagi dilakukan sensus kepada seluruh penduduk.

Pemerintah Kotim pun siap mendukung dan menyukseskan sesnsu penduduk tersebut. Terlebih kegiatan tersebut merupakan agenda besar yang rutin dilaksanakan 10 tahun sekali. Apalagi data kependudukan merupakan dasar dalam perencanaan kebijakan. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru