Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Berau Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tak Semua Peserta Lulus Passing Grade SKD CPNS di Lamandau Berhak Ikut SKB, Ini Ketentuannya

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 17 Februari 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil ( SKD CPNS) Pemkab Lamandau rekrutmen tahun 2019 baru saja selesai, Minggu 16 Februari 2020.

Dari 1.975 peserta yang mengikuti tes, terdapat 747 peserta yang lulus passing grade atau nilai ambang batas SKD. Namun jangan salah, tidak semua yang dinyatakan lulus passing grade tersebut berhak mengikuti tahapan selanjutnya atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) secara otomatis.

Hal itu seperti diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Lamandau, Tahan Sandi, Senin 17 Februari 2020.

"Ketentuan dalam menentukan peserta yang berhak mengikuti SKB ini berlaku sistem rangking, yakni hanya diambil tiga orang peserta dengan raihan nilai tertinggi untuk satu formasi, dan berlaku juga kelipatannya" kata dia.

Dijelaskan Tahan Sandi, jika hanya ada satu formasi yang tersedia namun peserta yang lulus passing grade SKD berjumlah lebih dari tiga orang, maka hanya 3 peserta dengan raihan nilai SKD tertinggi saja yang berhak ikut SKB, sisanya secara otomatis dinyatakan gugur dan tidak berhak mengikuti SKB.

"Adapun jika formasi CPNS yang tersedia itu lebih dari satu, maka berlaku kelipatannya. Misalnya, jika formasi yang tersedia itu dua, maka peserta yang berhak mengikuti SKB adalah enam orang peserta lulus passing grade SKD dengan nilai SKD tertinggi diantara peserta lainnya," jelasnya.

Namun, jika hanya ada satu formasi CPNS yang tersedia, sedangkan jumlah peserta yang lulus SKD pada formasi tersebut kurang dari tiga orang (misalnya hanya satu atau dua orang), maka hanya peserta itulah yang berhak mengikuti SKB.

Seperti diketahui, nilai passing grade SKD yang berlaku pada rekrutmen CPNS tahun 2019 masing-masing meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 65 poin, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 126 poin, dan Tes Inteligensia Umum (TIU) sebanyak 80 poin. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru