Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orang Dengan Gangguan Jiwa di Murung Raya Tidak Lagi Dipasung

  • Oleh Reno
  • 17 Februari 2020 - 15:15 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu -  Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ tidak butuh dipasung. Mereka membutuhkan dukungan dari lingkungan, seperti keluarga, teman, dan masyarakat, untuk mendapatkan kesembuhan dan kembali normal.

Pemkab Murung Raya melalui Dinas Sosial telah menganggarkan dana yang cukup besar untuk menangani ODGJ. Hal ini bentuk perhatian Bupati Mura Perdie M Yoseph agar ODGJ tidak lagi dipasung.

"Kita targetkan bahwa kasus pasung terhadap ODGJ di Kabupaten Mura ini tidak ada lagi, karena akan ditangani," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Ellen Yana Kristantie, Senin 17 Februari 2020.

Menurutnya, program ODGJ bebas pasung itu mendapat dukungan secara penuh oleh Bupati Perdie M Yoseph, agar ditekan semaksimal mungkin kasus pasung ODGJ. "Karena cukup dengan penanganan saja, pemerintah telah melakukan itu nantinya," ujarnya.

Ia menyebutkan dalam penanganan penderita ODGJ di Mura ini, mereka telah memiliki tim rehabilitasi sosial atau Resos sehingga sekarang kurang lebih ada 4 kasus pasung terhadap ODGJ yang telah dibebaskan dan diberikan penanganan serta pembinaan secara maksimal.

"Karena pasung tidak menyelesaikan masalah, penanganan yang diutamakan. Sehingga kita memaksimalkan agar kasus pasung terhadap ODGJ di Mura ini tidak ada lagi," jelasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki sampai saat ini, masih terdapat 2 kasus pasung yang masih belum ditanggulangi. Namun data itu bisa dimungkinkan bertambah karena minimnya informasi yang diberikan oleh masyarakat terhadap penderita ODGJ yang terkena pasung, terutama di pedesaan.

"Yang penting keluarganya kooperatif, mau menyerahkan penanganan kepada pemerintah. Jadi yang sekarang kami akui masih ada pihak keluarga yang menutupi, sehingga kita terkendala dan tidak dapat memberikan penanganan," jelasnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru