BPS Gunung Mas Sambangi Rumah Warga Sukseskan Sensus Penduduk

  • Oleh Hendra
  • 17 Februari 2020 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Gunung Mas mengunjungi rumah warga di wilayah setempat untuk mensukseskan sensus penduduk tahun 2020.

Kepla Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas, Waras mengatakan sensus penduduk merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. 

"Sensus penduduk 2020 atau SP2020 yang kita laksanakan ini adalah sensus penduduk ke-7 di Indonesia. Sensus penduduk sudah dilaksanakan sejak tahun 1961," ujarnya,  Senin, 17 Febuari 2020.

Ia menuturkan, sensus penduduk yang dilaksanakan di Kabupaten Gunung Mas menggunakan dua cara yaitu menggunakan sistem online dan wawancara. Kegiatan mulai tanggal 15 Februari- 31 Maret 2020 untuk online dan wawancara dilaksanakan selama bulan Juli 2020. 

Untuk sensus penduduk dengan sistem online, lanjutnya, penduduk hanya mengisi data anggota atau dirinya sendiri dengan mengunjungi website sensus.bps.go.id.

Sedangkan sesi wawancara, petugas akan mendatangi rumah-rumah untuk menanyakan perihal perubahan yang terjadi pada pengisian data saat sensus data kependudukan secara online.

"Untuk persyaratan yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat saat pelaksanan sensus online maupun wawancara yakni KTP, kartu keluarga, akta pernikahan atau buku nikah," tuturnya. (HENDRA/B-7) 

Berita Terbaru