Bupati Gunung Mas Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

  • Oleh Hendra
  • 17 Februari 2020 - 20:35 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengajak seluruh masyarakat di wilayah setempat untuk ikut serta mensukseskan sensus penduduk 2020.

Hal itu disampaikannya saat melantik keanggotaan badan permusyawaratan desa atau BPD se-Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas di aula Kecamatan Kurun, Senin, 17 November 2020.

"Saya mengajak segenap jajaran pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Gunung Mas untuk mendukung penuh pelaksanaan sensus penduduk," ujar Jaya.

Ia mengatakan, sensus penduduk tahun ini bertujuan untuk memperoleh data penduduk terbaru dan akurat, serta data ini merupakan indikator yang sangat penting dalam menentukan kebijakan pembangunan nasional dan daerah ke depan.

Oleh karena itu, ia berharap seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Gunung Mas mendukung sensus penduduk untuk memiliki satu sumber kependudukan, sehingga menguatkan pijakan dalam merencanakan suatu program maupun kebijakan.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Gunung Mas, Waras mengatakan sensus penduduk yang dilaksanakan menggunakan dua cara yaitu menggunakan sistem online dan wawancara. Kegiatannya dimulai dari tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 untuk online dan wawancara selama bulan Juli 2020.

Sensus penduduk dengan sistem online, penduduk hanya mengisi data anggota atau dirinya sendiri dengan mengunjungi website sensus.bps.go.id.

"Sedangkan wawancara petugas akan mendatangi rumah-rumah untuk menanyakan perihal perubahan yang terjadi pada pengisian data saat sensus data kependudukan secara online," jelas

Sebagai informasi Persyaratan yang perlu dipersiapkan oleh saat pelaksanan sensus online maupun wawancara yakni KTP, kartu keluarga, akta pernikahan/buku nikah. (HENDRA/B-7) 

Berita Terbaru