Harga Ikan Gabus di Kasongan Melambung Rp 80 Ribu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Februari 2020 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sudah sejak beberapa bulan terakhir harga ikan sungai jenis gabus atau haruan atau behau di Kasongan, Kabupaten Katingan mahal. Namun dalam Minggu ini harga gabus itu tergolong paling tinggi dibanding sebelumnya.

Harganya mencapai Rp 80 ribu per kilo gram. "Khusus yang besar seukuran lengan orang dewasa dan kalau yang lebih kecil Rp 70 ribu," tutur Arul, penjual ikan di Pasar Hurung Kasongan, Senin sore, 17 Februari 2020.

Pasar Hurung Kasongan ini khusus menjual ikan dan sayur-sayuran terutama sayur khas Dayak yang buka mulai tengah hari hingga menjelang malam hari setiap hari.

Berbagai jenis ikan sungai dijajakan di pasar ini, mulai dari gabus, lele, patin sunga, baung, saluang, banta, jelawat, gurami, udang dan jenis ikan sungai lainnya ada di Pasar Hurung ini.

Sehingga tidak heran jika setiap sore hari Pasar Hurung ini selalu disesaki waga yang ingin membeli ikan sungai.

Tidak hanya warga Kasongan dan sekitarnya, namun warga juga datang dari luar daerah seperti Palangka Raya.

Harga ikan sungai yang dijual di Pasar Hurung ini relatif lebih murah dibanding di Pasar Kasongan maupun kios atau warung.

Namun untuk jenis gabus dinilai paling mahal dibanding jenis ikan lainnya. Pedagang mengaku mahalnya ikan gabus selama ini karena stok terbatas.

"Jarang kita menjual ikan gabus ini, karena memang nelayan saat ini jarang sekali mendapatkannya, sementara yang mau mebeli ikan gabus banyak," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru