Harga Bawang di Kasongan Masih Dijual Mahal

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 Februari 2020 - 12:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Harga bawang putih dan merah masih dijual mahal oleh pedagang di Kasongan, Kabupaten Katingan.

Di Pasar Kasongan, Selasa, 18 Februari 2020, pedagang sembako di Pasar Kasongan rata-rata menjual bawang masih mahal dibanding sebelumnya.

Menurut Edy, penjaga salah satu toko yang menyediakan sembako di Pasar Kasongan, harga bawang putih saat ini masih dijual Rp 60 ribu per kilo gram.

Harga ini masih sama seperti seminggu lalu. Sedangkan bawang merah dijual Rp 40 ribu per kilo gram.

Edy mengaku masih mahalnya harga bawang putih dan merah sejauh ini karena dipengaruhi pasokan bawang yang berkurang dibanding sebelumnya. Sehingga pihak distributor menaikkan harganya.

"Kami menyesuaikan dengan harga yang dipatok pihak distributor, kalau dari distributor naik kami juga menaikkan harga, begitu juga saat dixtributor menurunkan harga kami juga menyesuaikan," akunya.

Edy mengaku kenaikan harga bawang ini juga dipicu dengan adanya merebaknya virus corona, sehingga ekspor bawang dari China sementara dihentikan.

"Informasinya karena juga adanya virus corona sehingga bawang dari China tidak boleh masuk ke Indonesia, sehingga menyebabkan harga bawang mahal," imbuhnya.

Sementara itu harga bawang dibeberapa warung atau kios di Kasongan bervariasi hususnya bawang merah.

Sebab ada warung yang menjual Rp 60 ribu per kg, namun ada kios lainnya yang menjual Rp 50 ribu dan Rp 40 ribu. Masih mahalnya harga bawang di Kasongan membuat pemilik warung makan mengeluh.

"Ya mau bagaimana lagi, terpaksa kita mengurangi bumbunya seperti bawang putih dan merah, karena haganya sekarang mahal," ucap Putri, warga pemilik warung makan. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru