Siswi Ini Curhat ke Gubernur Kalteng Sambil Nangis Karena Harus Jadi Pembantu untuk Biayai Sekolah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Februari 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melakukan kunjungan ke SMAN 3 Sampit, Selasa, 18 Februari 2020. Saat kunjungan kesana ada seorang siswi curhat sambil menangis karena harus jadi pembantu demi membiayai sekolahnya.

Curhatan itu bermula ketika gubernur di sekolah tersebut meminta kepada sejumlah siswa yang berasal dari luar kota untuk maju kedepan. Ia ingin mendengar langsung keluhan dari para siswa. 

Cukup banyak siswa dari berbagai SMA sederajat di Sampit yang maju kedepan, dan merekapun diminta berbaris. Secara bergiliran, gubernur bertanya kepada masing-masing siswa. Awalnya hanya bincang-bincang biasa saja kepada beberapa siswa. 

Namun ketika orang nomor 1 di Kateng tersebut menghampiri seorang Siswi dan menyerahkan mikropon kepadanya, siswi tersebut nampak sulit bernicara. Bahkan terlihat siswi tersebut menteskan air mata. 

Hal itupun sontak menjadi pertanyaan gubernur, siswi tersebut lalu secara terbata-bata mencurahkan isi hatinya kepada Sugianto. Dia mengatakan bahwa rela menjadi seorang asisten rumah tangga, atau pembantu agar bisa membiayai dirinya untuk sekolah. 

Siswi tersebut bernama Didi Safitri. Ia mengaku setelah selesai sekolah, langsung bekerja sebagai asisten rumah tangga. Gaji yang didapatnya tidak menentu, karena hanya dibayar harian. 

"Saya hanya dibayar harian, jadi kalau saya bekerja baru dapat uang," ujar Safitri, sambil mengusap matanya yang berlinang airmata. 

Ia merupakan anak pertama dari 4 bersaudara. Ia terpaksa mengerjakan apapun asalkan bisa mendapatkan uang untuk biaya sekolah dan keperluannya sehari-hari. Karena ia tidak bisa berharap dari orangtua, yang ekonominya rendah. 

Hal itupun menjadi perhatian Sugianto. Gubernur lalu memberikan semangat dan motivasi kepada Safitri agar terus berjuang dan belajar. Sehingga nanti bisa menjadi orang yang sukses dan dapat membantu perekonomian keluarga. 

"Kamu harus semangat belajar dan bekerja keras. Karena melalui proses yang sulit akan tercipta kesuksesan kelak," kata Sugianto. 


TAGS:

Berita Terbaru