Pemkab Kotim Dorong SOPD Meningkatkan Pengelolaan Data Sektoral

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Februari 2020 - 22:45 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemkab Kotim mendorong agar Satuan Organisasi Prangkat Daerah (SOPD) di daerah ini untuk meningkatkan pengelolaan data sektoral, karena sangat penting untuk keterbukaan informasi kepada masyarakat. 

"Pengelolaan data ini sangat penting dilakukan. Karena juga sebagai dasar merumuskan kebijakan dan keterbukaan informasi kepada masyarakat," ujar Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kotim Ramadansyah, Selasa, 18 Februari 2020. 

Dirinya mengatakan bahwa data tersebut sangat penting dipublikasikan ke publik. Sehingga jika ada yang memerlukan data tersebut, tidak usah lagi datang ke SOPD yang diinginkan. 

Data tersebut juga sangat penting untuk analisis. Sehingga seluruh instansi agar memahami dan menyajikan data sesuai standar dan tepat waktu. 

"Diera keterbukaan publik seperti saat ini, pemerintah dituntut menyajikan data secara transparan kepada masyarakat. Dan data tersebut juga diperlukan banyak pihak, sehingga hal itulah mengap pentingnya pengelolaan data sektoral," kata Ramadansyah. 

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Multazam mengatakan, ada 2020 ini pemerintah pusat mendorong penyajian data sektoral dipercepat. Karena data tahunan dalam angka di Kotim ditargetkan sudah terbit pada Juni 2020 nanti. 

"Mudah-mudahan nantinya seluruh SOPD menerbitkan data tersebut. Karena cukup diperlukan dan bisa dimanfaatkan oleh SOPD lain dan juga masyarakat," terang Multazam. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru