Ini Syarat untuk Adopsi Anak

  • Oleh Budi Yulianto
  • 18 Februari 2020 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pelaksana Tugas Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Budi Santoso mengatakan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi seseorang yang ingin mengadopsi anak.

Apa saja itu Berikut rinciannya.

Calon orang tua angkat haus sehat jasmani dan rohani. Berumur paling rendah 30 tahun dan paling tinggi 55 tahun. Beragama sama dengan agama calon anak angkat. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum karena melakukan tindakan kejahatan.

Berstatus menikah secara sah paling singkat 5 tahun. Tidak merupakan pasangan sejenis. Tidak atau belum mempunyai anak atau hanya memiliki 1 orang anak. Dalam keadaan mampu secara ekonomi dan sosial.

Memperoleh persetujuan anak dan izin tertulis dari orang tua wali anak. Membuat surat pernyataan tertulis bahwa pengangkatan anak adalah demi kepentingan terbaik bagi anak, kesejahteraan dan perlindungan anak.

Telah mengasuh calon anak angkat paling singkat 6 bulan sejak izin pengasuhan diberikan. Adanya laporan sosial dari pekerja sosial dan memperoleh izin Menteri Sosial atau kepala instansi sosial provinsi.

Persyaratan (berkas/dokumen) yang harus dipenuhi oleh calon orang tua anak atau COTA.

Permohonan izin mengangkatan anak kepada instansi sosial setempat.

Suarat keterangan sehat COTA dari rumah sakit pemerintah.

Surat keterangan kesehatan jiwa COTA dan dokter spesialis jiwa dari rumah sakit pemerintah.

Surat keterangan tentang fungsi organ reproduksi COTA dari dokter spesialis observasi dan ginekologi rumah sakit pemerintah.

Copy akta kelahiran COTA (legalisir).

Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) Polres setempat.

Copy akta surat nikah/aka perkawinan COTA (legalisir).

Kartu keluarga dan KTP COTA (legalisir).

Copy akta kelahiran CAA (legalisir).

Keterangan penghasilan dari tempat bekerja COTA.

Surat pernyataan persetujuan CAA di atas kertas bermaterai cukup bagi anak yang telah mampu menyampaikan perdapatnya dan atau hasil laporan pekerja sosial.

Surat pernyataan motivasi COTA di atas bermaterai cukup yang menyatakan bahwa pengangkatan anak demi kepentingan terbaik bagi anak dan perlindungan anak.

Surat pernyataan COTA akan memperlakukan anak angkat dan anak kandung tanpa diskriminasi sesuai dengan hak-hak dan kebutuhan anak di atas kertas bermaterai cukup.

Surat pernyataan bahwa COTA akan memberitahukan kepada anak angkatnya mengenai asal usulnya dan orang tua kandungnya dengan memperhatikan kesiapan anak.

Surat pernyataan COTA bahwa COTA tidak berhak menjadi wali nikah bagi anak angkat perempuan dan memberi kuasa kepada wali hakim.

Surat pernyataan COTA bahwa COTA untuk memberikan hibah sebagian hartanya bagi anak angkatnya.

Surat pernyataan persetujuan adopsi dari pihak keluarga COTA.

Surat berita acara atau penyerahan dan kuasa dari pihak ibu kandung kepada COTA.

Laporan calon orang tua angkat yang dibuat oleh pekerja sosial instansi sosial setempat dan pekerja sosial panti atau yayasan.

Akta kelahiran calon anak angkat.

Foto calon orang tua angkat dan calon anak angkat.

Berita Terbaru