Pemkab Lamandau Peroleh Penghargaan SPIP Level 3 dari BPKP Kalteng

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 19 Februari 2020 - 00:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Torehan prestasi kembali didapat Pemkab Lamandau. Terbaru, kabupaten ini menerima Penghargaan Maturitas Penyelenggara Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Penghargaan diserahkan Kepala BPKP Kalteng Setia Pria Husada kepada Bupati Lamandau Hendra Lesmana, saat kegiatan Pendampingan Reviu atas Laporan Keuangan Pemda Tahun 2019 dan SIMDA Perencanaan Kantor Bupati Lamandau, Senin 17 Februari 2020.

"Kami bersyukur Lamandau mendapatkan penghargaan di bidang pengendalian internal pemerintah. Semoga torehan ini semakin memacu kinerja pemerintah daerah," ucap Bupati, Selasa 18 Februari 2020.

Tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP sendiri menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan. Diperolehnya penghargaan itu juga menandakan sistem pengendalian internal pemkab Lamandau telah berjalan dengan baik.

"Tentunya kami (pemkab Lamandau) akan terus memperkuat pengawasan dan pengendalian internal dengan mendukung inspektorat dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga ketertiban dan kedisiplinan para ASN bisa terus terjaga," kata Bupati Hendra.

Hendra juga meyakini torehan yang diraih itu adalah hasil dari upaya serius secara kolektif. Karenanya, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait atas peran aktif dan keterlibatannhya dalam melakukan pengawasan internal daerah.

"Harapan kami juga di tahun berikutnya torehannya dapat lebih baik lagi, sehingga Lamandau bisa meraih level 4 yang berarti telah terkelola dan terukur," tukas dia.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia Pria Husada mengapresiasi raihan yang didapat pemkab Lamandau. Tak segan-segan, Setia bahkan berharap agar pemerintah daerah lainnya dapat meniru capaian yang diperoleh pemkab Lamandau itu.

"Kami ucapkan selamat ya, semoga capaian ini dapat dipertahankan dan bisa memotivasi teman-teman instansi pemda lainnya," katanya.

Seperti diketahui, ada beberapa tingkat maturasi penyelenggaraan SPIP tersebut, yakni mulai dati tingkat 0 atau belum ada, level 2 atau rintisan, level 3 terdefinisi, level 4 terkelola dan terukur, yang terakhir level 5 yaitu optimal.

Berita Terbaru