Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lebong Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kobar Bisa Curhat dan Sampaikan Aduan Lewat E-Lapor

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 19 Februari 2020 - 09:01 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) akan memiliki aplikasi E-Lapor.

Aplikasi ini sebagau saran untuk menyampaikan keluhan dan aduan dari masyarakat terkait kinerja lembaga pemerintahan maupun layanan di satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Elektronik Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (E-LAPOR) ini akan dikelola Dinas Kominfo dan Statistik Kobar.

Rencana penerapan E-Lapor dini mendapat apresiasi dari Sekda Kobar, Suyanto. Dia menyampaikan melalui aplikasi ini memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasinya atau mengadukan kinerja pemerintah.

"Melalui E-Lapor masyarakat bisa melaporkan apa saja yang ditemui di lapangan, yang masih belum sesuai visi misi kepala daerah. Misalnya ada tumpukan sampah di pinggir jalan. Seabab selama ini masyarakat memberikan laporan lewat WA maupun Facebook," ujarnya, Rabu 19 Februari 2020.

Aplikasi E-Lapor ini merupakan sebuah inovasi keterbukaan informasi yang menuntut untuk lebih tanggap.

Oleh sebab itu setiap SKPD harus ada petugas yang menangani E-Lapor. Kemudian lewat E-Lapor akan mempermudah masyarakat memberikan saran dan pendapat untuk cepat berproses ditangani.

"Ini merupakan bagian dari percepatan dari pelayanan. Orang bisa menyampaikan kapan saja dimana saja menyangkut pelayanan publik dan diharapkan pemerintah daerah lebih cepat dalam memberikan respon dan penanganan,” ungkapnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru