Umat Hindu Palangka Raya Sambut Hari Kuningan dan Galungan

  • Oleh Nopri
  • 19 Februari 2020 - 12:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bagi umat Hindu mereka memiliki sejumlah hari suci keagamaan yang disesuaikan melalui perhitungan kalender Isaka dan kalender Bali.

Beberapa hari raya agama Hindu yang berpatokan dengan penanggalan dan kalender Bali yaitu Galungan, Kuningan, Saraswati dan Pagerwesi.

Berdasarkan kalender Bali, hari raya Galungan dirayakan setiap 6 bulan sekali atau 210 hari. Pada perayaan ini dipercaya sebagai hari kemenangan dharma kebaikan melawan adharma kejahatan.

Momen inilah umat diharapkan bisa menyatukan kekuatan rohaninya agar mendapat pikiran terang dan kebaikan.

Ketua Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Tampung Penyang atau IAHN-TP Palangka Raya, I ketut Subagiasta mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan yang jatuh hari ini.

Melalui momentum perayaan hari raya ini masyarakat Hindu di Kota Palangka Raya memaknai kemenangan Dharma atas Adharma.

"Harapan kami masyarakat semakin cerdas mengimplementasikan ajaran agamanya terutama yang beragama Hindu dalam kehidupan bermasyarakat secara mendalam dalam kehidupan sehari-hari," katanya, Rabu 19 Februari 2020.

Dia mengimbau jadikan momen hari raya Galungan dan Kuningan yang dirayakan umat Hindu sebagai keberagaman yang harus saling hormati menjaga toleransi.

"Bila kita saling menghormati suku, kepercayaan, maupun ras maka akan tercipta kerukunan yang damai dan sejahtera dalam berkehidupan sehari-harinya," tutupnya. (NOPRI/B-6)

Berita Terbaru