Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Manfaatkan Aplikasi E-LAPOR untuk Respon Aspirasi Masyarakat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Februari 2020 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Saat ini Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) sudah menggunakan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi Elektronik Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (E-Lapor).

Bupati Kobar, Nurhidayah, Kamis 20 Februari 2020 menjelaskan aplikasi E-Lapor ini merupakan upaya jajarannya memberikan layanan terbaik kepada masyakarat dengan cara membuka ruang bagi masyarakat untuk mengambil peran melalui berbagai aspirasi, masukan maupun kritik.

"Sistem ini dikelola Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian. Jadi masyarakat yang bermaksud menyampaikan aspirasi dan pengaduan masyarakat bisa mengakseskanal pengaduan pada website http://lapornurani.lapor.go.id/," jelasnya.

Aplikasi ini berperan juga sebagai bahan evaluasi sekaligus media menyerap aspirasi dari masyarakat agar pelayanan semakin baik.

“Saya berharap melalui berbagai aplikasi yang memanfaatkan teknologi informasi ini, pelayanan kita kepada masyarakat juga menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Ia juga mengitruksikan agar nanti bisa dibuat rekapitulasi terkait berbagai laporan yang masuk berikut proses tindak lanjutnya. “Hal ini sebagai bentuk transparansi di dalam kita menjalankan kegiatan pembangunan dan memberi pelayanan kepada masyarakat,” lanjutnya.

Sekda Kobar, Suyanto mengatakan melalui aplikasi e-LAPOR ini masyarakat bisa melaporkan berbagai hal yang ditemui di lapangan.

“Ini bagian dari percepatan dari pelayanan. Orang bisa menyampaikan kapan saja di mana saja menyangkut pelayanan publik dan diharapkan pemerintah daerah juga lebih cepat dalam memberikan respon dan penanganan,” jelasnya.

Menurutnya aplikasi e-LAPOR ini merupakan sebuah inovasi keterbukaan informasi yang menuntut untuk lebih tanggap. Karena itulah setiap SKPD harus memiliki petugas yang menangani E-Lapor.

"Petugas tidak hanya menginput, namun juga memberikan masukan kepada pimpinan terkait laporan dari masyarakat,” jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru