Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah Siswa dan Guru Korban Keracunan Massal 21 Orang

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 20 Februari 2020 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jumlah siswa dan guru yang menjadi korban keracunan massal di SDN 5 Baamang Hilir, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), sebanyak 21 orang. 

"Ada 21 orang yang mengalami keracunan, 20 orang siswa, dan saya sendiri wali kelas juga kena," ujar Wali Kelas II B SDN 5 Baamang Hilir Satinah, ketika di rawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Murjani Sampit, Jumat, 20 Februari 2020. 

Siswa yang mengalami keracunan tersebut semuanya merupakan Klas II B SDN 5 Baamang Hilir. Kue yang dimakan oleh siswa jenis tart, atau jenis kue ulang tahun. Mereka membeli di sekitar Pasar Keramat, Kecamatan Baamang. 

Satinah menceritakan, saat itu ada dua orang siswanya yang ulang tahun. Sehingga teman mereka satu kelas memutuskan untuk merayakannya dengan urunan membeli kue. 

Karena sedang proses belajar mengajar. Sehingga hanya perwakilan ditemani seorang guru untuk membeli kue di sekitar Pasar Keramat. Setelah dibeli, kuepun dibagikan ke seluruh siswa. Saat itu siswa yang hadir ada 22 orang dari 23 siswa keseluruhan. 

Namun ada dua orang yang tidak mau makan, sedangkan 20 orang lainnya dan juga wali kelas tersebut ikut makan. Tidak berapa lama makan kue tersebut, tiba-tiba seluruh siswa mengeluh sakit perut dan mual. Bahkan beberapa diantara mereka langsung muntah. 

"Hanya sebentar setelah makan kue itu, saya langsung sesak dada dan mual. Sehingga saat itu juga sebagian siswa langsung dibawa ke puskesmas. Sedangkan sebagian kami bawa ke rumah sakit," kata Satinah. 

Ada sekitar 13 orang yang dibawa ke rumah sakit, sedangkan yang lainnya dirawat di puskesmas saja. Dan saat ini sudah banyak yang dibawa pulang. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru