Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota: Laporan Keuangan Harus Memberikan Manfaat Bagi Masyarakat

  • Oleh Hendri
  • 20 Februari 2020 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan kepada seluruh kepala dinas dan jajaran ASN yang mengikuti Bimtek LPPD, agar menyampaikan laporan tentang keuangan yang memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dia menjelaskan, salah satu tujuan utama pemerintah daerah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

"Melalui kebijakan desentralisasi fiskal, pemerintah berupaya untuk mewujudkan keseimbangan fiskal dengan mempertahankan kemampuan keuangan daerah guna memenuhi keinginan masyarakat," ucapnya, Kamis 20 Februari 2020.

Pemerintah daerah lanjut dia, berupaya untuk mewujudkan keseimbangan antara hak daerah berupa perolehan pendapatan daerah dengan kewajiban daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dalam rangka inilah, pemerintah membutuhkan informasi keuangan daerah untuk keperluan perencanaan, pengendalian, serta pengambilan kebijakan.


"Desentralisasi fiskal yang dituangkan pada Peraturan Daerah (Perda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setiap tahunnya mengacu pada laporan tersebut," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru