Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dishub Barito Selatan Dapat Bantuan Bus Sekolah dari Kementerian Perhubungan

  • Oleh Uriutu
  • 20 Februari 2020 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Perhubungan Barito Selatan, mendapatkan bantuan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

"Bantuan berupa satu unit bus sekolah dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan itu didapatkan pada akhir 2019 lalu," kata Kepala Dishub Barsel, Daud Danda, kepada Borneonews, Kamis, 20 Pebuari 2020.

Ia mengatakan, untuk surat menyurat bus sekolah itu sudah diurus di Jakarta beberapa waktu lalu. Saat ini, tinggal menunggu proses pengurusan fakturnya supaya bisa beroperasi.
Setelah ada fakturnya, lanjut dia, bus bantuan dengan kapasitas 19 orang itu akan bisa dipergunakan sebagai angkutan bagi pelajar baik di dalam maupun menuju keluar kota Buntok.

"Untuk tarifnya sedang kita dipelajari, dan yang pasti dengan harga murah, dan untuk awalnya akan digratiskan terlebih dahulu, dan bus direncanakan beroperasi dalam waktu dekat ini," beber dia.

Menurutnya, jika pemkab nantinya menyetujui dianggarkan bahan bakar minyak dan honor sopirnya, maka bus sekolah itu akan digratiskan.

Pihaknya juga berencana akan mengajukan kembali permohonan kepada Kementerian Perhubungan, supaya pada tahun 2020 ini bisa mendapatkan kembali bantuan bus sekolah, sehingga jumlah armada bus bisa bertambah.

Selain itu, pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Damri untuk angkutan pedesaan di Barito Selatan.

Angkutan pedesaan hasil kerja sama dengan Perum Damri yang sudah berjalan sejak Januari 2020 lalu yakni jurusan Buntok menuju ke Desa Tabak Kanilan, Kecamatan Gunung Bintang Awai pulang pergi. Sedangkan untuk tarifnya Rp 10 ribu per orang.

“Kita juga berencana menjalin kerjasama kembali untuk angkutan pedesaan dengan tarif murah untuk jurusan Buntok-Pendang, Kecamatan Dusun Utara,” ucap dia.

Hal itu, lanjut dia, untuk memudahkan akses terutama bagi warga di Kelurahan Pendang dan sekitarnya menuju ke Kota Buntok, dan begitu juga sebaliknya.

Berita Terbaru