Kemenag Kapuas Rapat Validasi Data EMIS Madrasah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Februari 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Kapuas menggelar rapat validasi data Education Management Information System (EMIS) Madrasah tahun pelajaran 2019/2020, Rabu, 20 Februari 2020.

Kegiatan yang dilaksanakan Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kapuas ini bertempat di Aula kantor Kemenag setempat, diikuti oleh para kepala madrasah operator EMIS madrasah jenjang RA, MI, MTs dan MA negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Kapuas.

EMIS sebagai pusat pendataan pendidikan Islam satu pintu sangat berperan dalam menunjang proses perencanaan dan pengambilan kebijakan program Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kasi Penmad Kemenag Kapuas, Sajarwan. Dia mengatakan, aplikasi EMIS bukan merupakan aplikasi baru. Aplikasi itu dibuat untuk mendapatkan data yang akurat.

Itu juga, lanjut dia, untuk memudahkan akses lembaga madrasah dalam melaksanaan updating data EMIS. Saat ini dipersiapkan sebuah aplikasi pendataan EMIS yang berbasis offline yang akan diberi nama Aplikasi Feeder Emis (AFE).

"Iya, karena dengan data yang akurat, perkembangan dan kemajuan madrasah tidak akan terhambat," ucap Sajarwan dalam rapat.

Ia berpesan kepada seluruh operator EMIS madrasah agar menginput data dengan data yang sesuai. Untuk itu digelar rapat validasi EMIS ini agar dalam input data EMIS madrasah semua valid.

"Karena data yang sudah diinput dalam aplikasi nantinya akan dijadikan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan ditingkat pusat," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru