Sekdes Pastikan Semua Warga Miskin di Desa Jaweten Terima Bansos

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Februari 2020 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Desa (Sekdes) Jaweten Kecamatan Dusun Timur, Edi Susanto memastikan semua warga Desa Jaweten yang memenuhi kriteria warga miskin sebagaimana ditetapkan pemerintah, akan menerima bantuan sosial atau bansos. 

"Yang terdaftar lama kita sudah verifikasi dari 60 orang menjadi tinggal 33 orang, ditambah yang baru 16 jadi 49 orang," kata Edi usai kegiatan musyarwarah desa verfikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di kantor Desa Jaweten, Kamis, 20 Februari 2020.

Menurutnya, jumlah tersebut bisa jadi akan berkurang saat nanti dilakukan penempelan stiker pada rumah-rumah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos.

"Pada saat dipasang stiker nanti bisa ada yang menerima dan juga ada yang menolak karena sadar diri  tidak layak menerima bansos," imbuhnya.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Jaweten, Aritano, menyambut baik program bansos yang digulirkan pemerintah melalui Kementerian Sosial. Namun dia berharap KPM penerima bansos dapat mengalami peningkatan perekenomian pada tahun-tahun selanjutnya sehingga tidak lagi memerlukan bansos dari pemerintah.

"Harapan kita, ke depan makin berkurang yang membutuhkan bantuan," kata Aritano.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur Santai Nyawit berharap tidak ada lagi masyarakat miskin di Desa Jaweten yang mengeluh tidak mendapat bansos. Sebab, sudah dilakukan pendataan dan verifikasi oleh aparatur desa didampingi dinas sosial.

"Tadi musyawarah desa kan sudah dihadiri oleh sekdes, ketua BPD, ketua RT dan warga penerima bansos. Jadi seharusnya tidak ada komplain lagi," kata Santai. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru