Ratusan Orangutan Dipulangkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya Katingan

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 20 Februari 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Yayasan Borneo Orangutan Survival atau BOS Foundation bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah sudah memulangkan ratusan orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan.

"Sejak 2016-2020, kerjasama ini telah berhasil memulangkan ratusan individu orangutan ke habitatnya. Jumlah totalnya mencapai 171 orangutan," kata Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem atau KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Indra Eksploitasia, Kamis 20 Februari 2020.

Indra pum mengapresiasi pemulangan ratusan orangutan itu. Diharapkan dapat meningkatkan populasinya di alam dan meningkatkan kolaborasi dengan masyarakat terutama sekitar hutan.

"Kami berharap merekapun dapat membentuk generasi baru, yakni populasi orangutan liar yang mandiri," ujarnya.

Kendati demikian, Indra mengatakan, pihaknya menyadari bahwa upaya konservasi tidak bisa dikerjakan sendiri. Tetapi harus bergandengan tangan dengan pemerintah daerah, kementerian atau lembaga, dan masyarakat setempat.

"Sehingga kelestarian alam dan seisinya dapat terjaga. Untuk itu saya berterimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap semua pihak yang telah mendukung serta membantu dalam pelepasliaran orangutan tersebut," tandasnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-11)

Berita Terbaru