Raikkonen Tercepat di Hari Kedua Tes Barcelona

  • Oleh ANTARA
  • 21 Februari 2020 - 08:40 WIB

Jakarta (ANTARA) - Kimi Raikkonen dengan mobil Alfa Romeo C39 di menit-menit terakhir mencatatkan waktu tercepat di antara para pebalap lainnya sebelum memaksa hari kedua tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Kamis, itu selesai lebih awal.

Setelah digeber sang pebalap Finlandia itu untuk mencetak waktu satu menit 17,091 detik, mobil yang menggunakan power unit Ferrari itu mogok di trek sehingga bendera merah dikibarkan beberapa menit jelang bubaran.

Catatan waktu Raikkonen hari itu mengungguli Sergio Perez dari tim Racing Point yang tampil tercepat di sesi pagi meski masih kalah dari waktu Lewis Hamilton dengan Mercedes W11, 1:16,976 pada hari pertama.

Perez keluar sebagai yang tercepat sebelum jeda makan siang dengan waktu 1:17,347 namun sang pebalap asal Meksiko itu fokus ke pengujian jangka panjang di sesi siang meski menjadi yang tercepat kedua menggunakan mobil RP20 yang memiliki desain mirip dengan Mercedes 2019.

"Mobil ini memiliki potensi jadi semoga kami bisa mengawali musim ini dengan kuat," kata Perez seperti dikutip Reuters.

"Di tes ini kalian tak perlu melihat waktu dan apa yang terjadi karena bahan bakar seberat 10kg berarti 0,3 detik. Dan kalian bisa membawa 100 atau lima (kg)," kata Perez.

Seperti yang sudah-sudah, meski tim lawan tampil dengan catatan waktu tercepat, bukan jaminan mobil itu calon juara ketika musim bergulir.

Istilah sandbagging kerap muncul ketika sesi tes pramusim di mana tim sengaja tak ingin mengeluarkan performa maksimal dari mobil mereka sehingga terlihat lambat.

Hal itu terjadi ketika Mercedes kalah gesit dari Ferrari yang mendominasi sesi tes pramusim tahun lalu.

Namun tim Silver Arrow tiba di seri perdana di Melbourne untuk meraih delapan juara seri secara beruntun.

Berita Terbaru