Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maros Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kapuas Bidik Potensi Bawang Merah

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Februari 2020 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas akan mengembangkan potensi komoditas bawang merah di sejumlah wilayah yang cocok.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Anjono Bhakti menuturkan peluang pengembangan kebutuhan bawang merah berpotensi di daerah ini. Apalagi, saat ini pasokan dari luar daerah cukup tinggi.

Hal itu perlu diambil guna memenuhi kebutuhan bawang merah di Kabupaten Kapuas. Mengingat potensi ketersediaan lahan yang cukup luas.

“Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui APBD II program pengembangan mendapatkan alokasi pengembangan bawang merah seluas 5 hektare dan cabai rawit seluas 3 hektare," ucap Anjono, Jumat, 21 Februari 2020.

Dengan sentra pengembangan bawang merah dan cabe di Kabupaten Kapuas berada di Kecamatan Dadahup, Kapuas Murung, Kapuas Hilir, Kapuas Timur, Kapuas Barat, Basarang, dan Pulau Petak.

Anjono berharap melalui program ini dapat meningkatkan luas tanam, dan produksi bawang merah dengan menerapkan sistem budidaya tanaman yang baik, serta dapat menumbuhkan sentra pengembangan tanaman bawang merah di daerah lahan pasang surut serta non pasang surut.

“Dengan lahan yang dibudidayakan oleh petani lokal, selain menjadi langkah guna mengatasi inflasi juga untuk menekan melonjaknya harga bawang merah di Kabupaten Kapuas," tuturnya.

Dia menjelaskan bawang merah yang dipanen nantinya selain dapat menjadi bahan konsumsi masyarakat sekitar sehari-hari, juga dapat dijadikan bibit untuk di budidayakan ke depannya.

"Sehingga masyarakat dapat berswadaya dengan mandiri dalam hal pembibitan," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru