Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Palangka Raya: Masyarakat Isi Data Sensus Penduduk Harus Jujur

  • Oleh Rokim
  • 21 Februari 2020 - 13:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Karyawan Yunianto mengimbau masyarakat yang melakukan entry data pribadi melalui aplikasi sensus.bps.go.id harus diisi secara jujur.

Politisi PDIP ini mengatakan jika perekaman yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tidak akurat, maka hasil sensus juga tidak akan bisa digunakan oleh pemerintah sebagai dasar untuk mengambil kebijakan.

"Oleh karena itu sya imbau jangan sampai salah menulis nama, apalagi sampai mengurangi huruf dalam nama, karena data sensus penduduk ini sangat penting bagi BPS," sebut Ketua DPRD Kota Palangka Raya 3 periode ini, Jumat 21 Februari 2020.

Sigit yang juga menjabat Sekretaris DPD PDIP Kalteng ini berharap aplikasi sensus ini juga cangih seperti alat perekam E-KTP. Jika ada data pribadi yang diinput tidak benar, maka sistem akan menolak.

Dia mencontohkan dalam perekaman E-KTP jika seseorang mau membuat KTP di Palangka Raya, tapi sebelumnya yang bersangkutan masih terdata sebagai warga luar daerah, maka permohonannya tidak bisa diproses, kecuali data pribadi di daerah asal dicabut terlebih dulu.

Sigit berharap dalam sistem input sensus penduduk 2020 ini juga menerapkan sistem seperti E-KTP. Data penduduk yang di-entry tidak benar atau mencoba memanipulasi data, maka sistem akan menolak. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru