Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Didiagnosa Derita Tumor Ganas, Pak Mihal Perlu Penanganan Medis

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 21 Februari 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Seorang warga di Kelurahan Kudangan, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau diduga menderita penyakit tumor ganas di bagian rahang bagian kanan. Ia kini memerlukan penanganan medis dengan cepat.

Warga yang menderita penyakit langka tersebut diketahui bernama Mihal, atau orang biasa memanggilnya Pak Mihal. Pria 68 tahun tersebut kini kondisinya terlihat memprihatinkan. Terlebih yang bersangkutan juga tidak melakukan perawatan secara intensif.

Kondisi Pak Mihal itu juga diceritakan Camat Delang, AACG Yudah Sulasopli, saat dikonfirmasi Jumat 21 Februari 2020.

Sepengetahuan Camat Delang tersebut, kondisi pak Mihal pada beberapa bulan terakhir ini terlihat semakin parah, bahkan saat ini luka yang diduga tumor ganas itu kian menjalar hingga membentuk lubang cukup besar pada rahang bawah sebelah kanan dan lukanya menjalar dari pipi hingga dagu, bahkan leher bagian kanan.

Sepengetahuan Camat Delang AACG Yudah, sakit yang diderita pak Mihal itu sudah diidap cukup lama alias sudah menahun, bahkan tahun lalu pernah ikut program kesehatan yang dicanangkan Gubernur Kalteng, meskipun kondisinya tidak separah saat ini.

"Saat ikut program kesehatan itu, yang bersangkutan bahkan pernah dirujuk untuk mendapat penanganan medis di RS Immanuddin Pangkalan Bun, bahkan kalau gak salah itu sempat diambil tindakan medis berupa operasi kecil,"  kata dia.

Setelah operasi itu, kata AACG Yudah, Pak Mihal sudah beraktivitas kembali seperti biasa.

"Namun kian lama penyakitnya ternyata malah menjalar, terlebih yang bersangkutan juga tidak menjalani perawatan intensif," katanya.

Untuk menanggulangi kondisi yang dialami Mihal tersebut, saat ini pihak kecamatan dan kelurahan terus berkordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan Dinas Kesehatan Lamandau, bahkan pihak kelurahan juga telah mengeluarkan surat keterangan sakit dengan harapan agar yang bersangkutan segera mendapat penanganan medis. (HENDI NURFALAH/B-5)

Berita Terbaru