Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Artis Yuni Shara Terapkan Merdeka Belajar di PAUD Miliknya

  • Oleh Tempo.co
  • 22 Februari 2020 - 10:31 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Artis penyanyi Yuni Shara mengaku sudah lebih dulu menerapkan konsep Merdeka Belajar. ia merujuk kepada kebijakan yang belum lama dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Yuni Shara adalah pemilik PAUD Cahaya Permata Abadi di Batu, Jawa Timur, dan menyatakan sudah menerapkan Merdeka Belajar jauh-jauh hari.

Lingkungan pendidikan yang diciptakannya itu diaku begitu menyenangkan sehingga ada anak yang seharusnya sudah lulus sekolah namun enggan untuk pergi.

"Misalnya anak-anak saya belajar di luar kelas, pembelajaran menyenangkan, tidak mencekam," ujarnya seusai dikukuhkan sebagai tokoh perempuan PGRI penggerak perubahan di Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

Yuni Shara mengaku membuat PAUD itu nonprofit yang mana biaya pendidikannya hanya Rp 3.500 per bulan. Di sekolah itu ada tempat penitipan anak, kelompok bermain, dan taman kanak-kanak.

"Sekolah saya banyak menangani anak-anak yang agak sulit. Ada yang tidak mau sekolah, tapi di sekolah saya mau sekolah," katanya.

Yuni yang mengaku awalnya tidak pernah terpikir untuk terjun di dunia pendidikan, mengatakan kini ingin fokus pada pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini dinilai penting karena itu menentukan masa depan anak.

"Kami juga mengadakan kegiatan parenting, dengan wali murid. Lalu ada kegiatan ekstrakurikuler, seperti drum band, pewarnaan, paskibra dan lainnya," kata kakak dari sesama artis penyanyi Krisdayanti itu.

Yuni juga memuji para guru perempuan, yang menjadi teladan bagi kaum perempuan. Melalui guru, membuka wawasan murid dan mengajarkan banyak hal. "Mungkin guru itu pahlawan tanpa tanda jasa, namun akan selalu dikenang," kata Yuni lagi. (TERAS.ID)

Berita Terbaru