Backpacker Dunia Pilih Aljazair Jadi Destinasi Top, Ini Alasannya

  • Oleh Tempo.co
  • 22 Februari 2020 - 10:41 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Mulailah merencanakan perjalanan ke Aljazair. Negara Afrika Utara itu dinobatkan British Backpacker Society (BBS), sebagai negeri terbaik untuk pelesiran 2020.

BBS merupakan organisasi yang didedikasikan untuk mempromosikan destinasi, sekaligus wisata berkelanjutan di area terpencil di dunia.

Setiap tahun para tim ahli mereka, memilih destinasi untuk pelesiran yang mampu menghadirkan petualangan dan pengalaman baru.

Sebagaimana dinukil dari Lonely Planet, pada tahun 2018 mereka merekomendasikan Pakistan dan pada 2019, mereka memilih Ethiopia menduduki peringkat pertama.

Untuk tahun 2020, BBS menetapkan Aljazair sebagai destinasi utama. Alasannya, Aljazair tak terlalu banyak dikunjungi wisatawan dunia.

Jadi, kota-kota di negeri itu masih jauh dari marabahaya overtourism. Selain itu, persoalan jarak yang dekat dengan Eropa, membuat Aljazair menarik bagi wisatawan benua biru.

"Lokasinya bisa dijangkau dengan penerbangan jarak pendek dari komunitas besar wisata petualangan, yang tinggal di berbagai ibu kota Eropa,” ujar salah satu pendiri BBS, Adam Sloper kepada Lonely Planet.

Aljazair juga memiliki pemandangan gurun kelas dunia, dengan penduduk yang ramah serta reruntuhan kuno yang spektakuler. Sekitar 80 persen, Aljazair ditutupi oleh Gurun Pasir Sahara, yang tak hanya menampilkan gurun yang kering.

Aljazair menampilkan masjid-masjid yang luar biasa, pasar dan garis pantai Mediterania, serta campuran kaya sejarah Romawi, Ottoman, Arab dan Bizantium.

Kota Tlemcen di Aljazair adalah perpaduan yang menakjubkan antara budaya Berber dan Arab-Andalusia. Sementara Timgad dan Djemila merupakan reruntuhan yang masuk daftar situs warisan budaya UNESCO.

Berita Terbaru