Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fase Baru, Penyebaran Virus Corona Meningkat Cepat di Luar Cina

  • Oleh Tempo.co
  • 22 Februari 2020 - 12:11 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Ada tanda-tanda yang mengkhawatirkan wabah virus corona sedang memasuki fase baru, dengan penyebaran di luar Cina - sampai saat ini pada tingkat rendah - mulai dengan cepat meningkat.

Para ahli merujuk pada peningkatan tajam jumlah kasus di Korea Selatan, yang berubah dari 30 kasus pada hari Senin, 17 Februari 2020, menjadi 204 pada hari Jumat, 21 Februari 2020, dan Italia yang tidak memiliki kasus pada awal Jumat dan 16 di akhir Jumat.

Lima dari orang yang terinfeksi di Italia adalah petugas kesehatan. Iran - yang memulai Minggu itu tanpa ada kasus yang dikonfirmasi dan mengakhirinya dengan 18 kasus, empat di antaranya telah meninggal - adalah sumber keprihatinan khusus, setelah mengekspor dua kasus dalam waktu 36 jam.

Seorang wisatawan dari Kanada dan seorang lainnya dari Lebanon dinyatakan positif terkena virus setelah kembali dari Iran.

"Fakta bahwa Iran sudah mengekspor kasus-kasus menunjukkan penularan di sana jauh lebih luas daripada angka-angka resmi yang disebutkan, kata Michael Osterholm," direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular Universitas Minnesota sebagaimana dikutip Statnews, Jumat, 21 Februari 2020.

"Saya pikir orang luput akan pentingnya kasus seperti wisatawan Kanada ke Iran," katanya, merujuk pada kasus yang dilaporkan oleh pejabat kesehatan di British Columbia, Kamis.

"Ini memberitahu kita bahwa harus ada lebih banyak orang yang terinfeksi di Iran dan kita benar-benar hanya mendeteksi ujung gunung es." Bahkan pejabat kesehatan Iran mengakui kemungkinan itu.

"Mungkin ada di semua kota di Iran," kata pejabat kementerian kesehatan Minou Mohrez, menurut kantor berita resmi IRNA. Tedros Adhanom Ghebreyesus,

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menolak anggapan Jumat bahwa wabah itu berada pada titik kritis. Namun dia mengatakan kepada wartawan bahwa "jendela peluang" untuk menghentikan penyebaran virus itu menyusut.

"Jendela peluang kita semakin menyempit," kata Tedros. "Kita harus bertindak cepat sebelum menutup sepenuhnya," katanya.

Berita Terbaru