Inspektorat Murung Raya Dimita Awasi Internal Secara Intensif

  • Oleh Reno
  • 22 Februari 2020 - 11:31 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Anggota Komisi II DPRD Murung Raya, Epi Siswanto meminta setiap mengawasi kegiatan yang dilakukan pemerintah daearah dan pemerintah desa yang dilakukan inspektorat harus dilakukan secara intensif.

Dia mengharapkan inspektorat bekerja maksimal agar hasil dan kualitas pembangunan yang dilaksanakan tetap baik.

"Kita minta setiap pengawasan yang dilakukan inspektorat nilainya harus lebih baik. Jangan sampai menurun agar kualitas pembangunan bisa lebih baik lagi," katanya, Sabtu 22 Februari 2020.

Politikus PAN ini meminta jangan sampai pengawasan internal sangat loyo atau ada upaya kongkalikong dengan pihak yang diawasi.

"Karena itu mereka harus meningkatakan kapabilitas dan kualitas pengawasannya," ucap Pito sapaan akrabnya.

Selain itu, inspektorat diminta bersikap tegas terhadap temuan dan pelanggaran yang ditemukan, sehingga mereka benar-benar melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal pula.

"Karena kita ketahui fungsi inspektorat selain perumus kebijakan teknis bidang pengawasan dan fasilitas pengawasan, maka terdapat pelaksanaan pengawasan internal melalui audit, review, evaluasi, pemantauan, asistensi dan kegiatan pengawasan lainnya, termasuk di tingkat pemerintahan desa," sebutnya.

Dia menambhakan secara internal, inspektorat lebih berpengaruh ketimbang DPRD, kerena mereka bisa mengawasi dan mengaudit terhadap kegiatan pemerintah.

"Nah melalui peran dan fungsinya ini apakah sudah maksimal, ini yang kami minta agar mereka dapat memaksimalkan fungsi mereka," pungkasnya. (RENO/B-6)

Berita Terbaru