Dimulai dari Hobi, Ira Berhasil Menangkar dan Menghasilkan Rupiah dari Lovebird

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Februari 2020 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Berawal dari hobi memelihara Lovebird (Agapornis), Ira, Warga RT 03 Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur bersama suaminya berhasil menangkar burung yang memiliki aneka warna bulu yang menarik, bahkan menghasilkan rupiah dari penjualan anakan burung cinta ini.

"Dulu kami mendatangkan Lovebird dari Jawa atau dari Sampit, tapi sering sakit dan mati, mungkin karena stres dibawa jauh serta perubahan cuaca atau lingkungan," kata Ira memulai kisahnya saat dikunjungi Borneonews.co.id di penangkaran Lovebird yang sekaligus tempat penjualan pakan ternak.

Kegagalan tersebut menjadi motivasi bagi Ira untuk mencoba menangkar sendiri Lovebird. Apalagi peluang usaha penjualan burung berkicau yang suka hidup berkelompok di alam bebas ini cukup besar.

"Kami mulai mencoba menangkar burung ini sejak tahun 2018, awalnya sulit karena jenis burung ini tidak mudah dijodohkan, kadang 4 sampai 5 kali ganti pasangan baru cocok," paparnya.

Pertengahan 2019, Ira mulai bisa menikmati hasil dari penangkaran Lovebird. Menurutnya, anakan Lovebird hasil penangkaran berusia 2 bulan dijual dengan harga Rp 350 hingga Rp 400 ribu.

"Tiap kali bertelur, setiap indukan love bird menghasilkan 3 - 5 butir telur, kami tidak menangkar Lovebird dengan warna tertentu tapi yang kami pilih indukan yang rajin ngekek (berkicau)," imbuhnya.

Namun Ira menjelaskan ada satu jenis Lovebird yang harga mahal karena warnanya langka dan kekekannya bagus sehingga sering menjuarai perlombaan burung berkicau.

"Kalau yang warna bulunya pastel kuning dan mata berwarna merah, harganya bisa sampai 2 juta, sayangnya beberapa bulan ini harga love bird lagi turun, harga anakan umur 2 bulan cuma 150 ribu" lanjutnya.

Ia berharap harga jual Lovebird kembali membaik sehingga dapat mengembangkan penangkarannya dengan menambah indukan yang berkualitas.

"Kami berharap ada event-event lomba kekekan (kicauan) Lovebird yang rutin di Barito timur sehingga harga jual Lovebird kembali membaik, kami juga berencana mengembangkan penangkaran ini dengan menambah indukan berkualitas," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru