Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Terawan Upayakan Stop BAB Sembarangan Terwujud Tahun Ini

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 23 Februari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Kesehatan Seruyan melalui Puskesmas Terawan terus berupaya mewujudkan ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar (stop BAB sembarangan) di 4 desa wilayahnya tahun ini.

 

Menurut Rudinah selaku Sanitarian Pelaksana pada Puskesmas Terawan, melalui program kesehatan lingkungan, pihaknya terus melakukan upaya memberikan  sosialiasi  serta pendekatan kepada warga setempat.

 

Dalam upaya merubah kebiasaan warga,  agar tidak lagi BAB sembarangan, pihaknya secara rutin melakukan monitoring Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STMB) khususnya pada desa Bangkal, Lanpasa,Selunuk dan Terawan. 

 

“Kami berupaya agar dalam tahun ini 4 desa tersebut,  sudah bebas dari buang air besar sembarangan, mudah mudahan atas dukungan semua pihak bisa terwujud,” jelasnya, Minggu, 23 Februari 2020.

 

Di  desa Lanpasa, beberapa hari lalu, atas persetujuan warga setempat sudah dilakukan pembongkaran sebanyak 5 jamban milik warga yang berada di sungai.

 

Dengan telah di bongkarnya sebanyak 5 unit jamban milik warga setempat, saat ini Desa Lanpasa sudah bebas dari jamban sungai.

 

“Mudah mudahan dengan berubahnya kebiasaan BAB  warga yang sebelumnya di sungai maupun  kebun, derajat kesehatan masyarakat meningkat dan bersama dapat mewujudkan ODF tahun ini,” tandasnya. (FAHRUL/B-5)

Berita Terbaru