Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Emas Melambung Rp 800 Ribu, Saatnya Beli Atau Jual

  • Oleh Teras.id
  • 24 Februari 2020 - 07:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan investasi emas batangan saat ini sudah sangat menjanjikan. Apalagi pasar modal dan obligasi sedang bergejolak akibat perekonomian global yang terdampak wabah virus corona (Covid-19).

"Tepat pelaku pasar untuk beralih ke safe heaven (seperti emas), karena mereka tidak mengambil risiko karena saat ini yang mengikuti (laju) inflasi hanya emas, saat ini harga emas mengalami penguatan yang cukup signifikan," kata dia kepada Tempo, Minggu, 23 Februari 2020.

Adapun harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau emas Antam pada Ahad 23 Februari 2020 berada pada level Rp 804 ribu per gram. Jika dibandingkan secara year-on-year (yoy) pada tahun sebelumnya, harga emas hari ini mengalami pertumbuhan sekitar 19 persen.

Ibrahim menjelaskan, bahwa ada beberapa keuntungan jika saat ini menabung emas. Pertama, para pelaku bisa memegang dari wujud logam mulia tersebut, berbeda jika dibandingkan dengan produk investasi lain seperti saham dan obligasi.

Kedua, emas merupakan produk investasi yang liquid sehingga bisa sewaktu-waktu dijual kembali. Emas juga menjanjikan keuntungan dari selisih jual-beli pada saat komoditas tersebut harganya melonjak.

Ketiga, Ibrahim menuturkan, bahwa emas sendiri bisa dijadikan sebagai agunan ke perbankan atau penggadaian jika terdesak membutuhkan modal usaha.

Terakhir emas bisa menjadi tolak ukur suatu negara guna mengukur cadangan devisa selain mata uang asing. "Emas merupakan barometer suatu negara, bisa berupa cadangan emas. Semakin besar cadangan emasnya , maka negara tersebut semakin kuat ekonominya," kata Ibrahim.

Sementara itu, Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero) Damar Latri Setiawan menilai memang saat ini yang tepat guna menabung saham ditengah gejolak perekonomian global akibat virus corona (Covid-19).

"Emas adalah safe heaven, jika dirasa dalam keadaan perdagangan saham anjlok atau nilai uang tidak stabil, orang akan cari emas untuk mngamankan hartanya," ujarnya, Minggu, 23 Februari 2020.

Menurut dia, menabung emas memiliki banyak keuntungan, karena seperti saat ini emas dinilai lebih unggul dibandingkan produk investasi lain.

Berita Terbaru