Pasangan Yoyo - Madi Dinyatakan Penuhi Syarat Jumlah Dukungan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Februari 2020 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Timur (Kotim) menetapkan syarat dukungan yang diserahkan pasangan Yoyo Sugeng Triyogo dan Rusmadi Abdullah memenuhi syarat. 

"Berdasarkan hasil pengecekan, jumlah dan syarat dukungan bakal calon perseorangan tersebut memenuhi syarat. Dukungan dan sebaran dukumen bakal calon diterima," kata Ketua KPU Kotim Siti Fathonah, Senin, 24 Februari 2020 dini hari. 

Dia mengatakan, sejak dibuka pada 19 Februari hingga 23 Februari 2020 pada pukul 24.00 WIB. Hanya satu bakal calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan, yakni Yoyo - Madi. 

Syarat dukungan minimal bakal pasangan perseorangan yakni 23.307 dukungan. Sedangkan pasangan tersebut menyerahkan syarat dukungan sebanyak 30.002 yang tersebar di 17 kecamatan Kotim. 

Setelah diterima, pihak KPU Kotim langsung melakukan pengecekan jumlah dukungan dan sebaran. Dari hasil pengecekan formulir model B.1.KWK perseorangan, dari jumlah 30.002 yang diserahkan, dokumen yang lengkap yakni 27.592 dukungan. 

"Adapun sebanyak 2.410 dukungan, dinyatakan tidak lengkap. Dan syarat dukungan tersebut juga tersebar di 17 kecamatan," kata Fathonah. 

Sehingga, syarat tersebut saat ini telah mereka terima dan akan dilanjutkan tahap berikutnya yakni verifikasi administrasi dan juga verifikasi faktual.

Setelah itu selesai, maka syarat dukungan tersebut baru akan bisa digunakan pasangan Yoyo - Madi untuk maju pada Pilkada Kotim 2020 mendatang. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru