Korem 102/Panju Panjung Bekali Anggota Antisipasi Coronavirus

  • Oleh Nopri
  • 24 Februari 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pihak Korem 102/Panju Panjung membekali anggota untuk mengantisipasi coronavirus. Materi ini disampaikan dalam kegiatan sosialisasi tentang Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Coronavirus atau Covid-19 di Aula Makorem, Senin, 24 Februari 2020. 

Ada sekitar 200 personel yang mengikuti sosialisasi tersebut. Kepala Rumah Sakit Tentara, Mayor Ckm Alex Ranu Seto mengatakan, Novel Coronavirus atau 2019-nCoV merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina. Novel coronavirus juga merupakan satu keluarga dengan virus penyebab Sars dan Mars.

"Gejala utama terkena Novel Coronavirus demam, batuk dapat di sertai dengan nyeri tenggorokan, kongesti hidung, malaise, sakit kepala dan nyeri otot," katanya, Senin, 24 Februari 2020.

Sedangkan tanda klinis penumonia, suhu badan diatas 38 derajat C, batuk kering atau berdahak, nyeri dada pleuritik, nyeri otot, gejala gastrointestinal, sesak nafas, malaise, kelelahan, suara nafas, redup pada perkusi dan gejala atipikal pada pasien lanjut usia.  

Sementara itu, Dokter Alex Ranu Seto menambahkan, untuk pencegahan coronavirus yakni dapat dilakukan dengan sesering mungkin melakukan cuci tangan menggunakan sabun. Kemudian gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah dan berhati-hati kontak dengan hewan.

"Harus hati-hati kontak langsung dengan hewan, kemudian gunakan masker bila batuk atau pilek, Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah," tutupnya. (NOPRI/B-7)
 

Berita Terbaru