Kunker ke Batangkawa, Bupati Ikut Panen Padi di Desa Kina

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Februari 2020 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Dalam rangkaian kunjungan kerja atau kunker ke wilayah Kecamatan Batangkawa untuk mengecek kondisi infrastruktur pada Minggu, 23 Februari 2020, Bupati Lamandau Hendra Lesmana juga berkesempatan ikut ambil bagian pada panen raya padi di Desa Kina.

Didampingi sang isteri yang juga ketua TP PKK Kabupaten Lamandau Hj Rusdianti, mereka melebur bersama masyarakat Desa Kina untuk memanen padi hasil tanam masyarakat setempat.

Dibincangi pada Senin, 24 Februari 2020, Bupati Hendra mengakui jika dilihat dari catatan statistik, ada peningkatan produktifitas beras. Tetapi secara umum ketahanan pangan di Kabupaten Lamandau masih urgen atau bisa dikatakan belum stabil.

"Hal ini disebabkan beberapa faktor, yang salah satunya adalah pola berladang yang dilakukan masyarakat masih menggunakan pola ladang berpindah," ujarnya.

Bupati juga menyampaikan berkaitan dengan adanya larangan membakar.  "Kita dengan para kepala daerah yang lain bersama dengan gubernur Kalteng terus menyuarakan agar negara hadir bahwa berladang itu untuk memenuhi kebutuhan pangan dan menghidupi keluarga," ungkapnya.

Artinya, kata Bupati Hendra, walaupun caranya atau dengan pola membakar dianggap salah, tetapi negara harus memberikan solusi terhadap larangan yang dikeluarkan.
(HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru