Pemkab Mura Siapkan Langkah Jadi Penyangga IKN

  • Oleh Reno
  • 24 Februari 2020 - 22:50 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Pemerintah Kabupaten Murung Raya atau Pemkab Mura menyiapkan langkah-langkah menjadi penyangga Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia yang baru.

Wakil Bupati Mura Rejikinoor menyatakan bahwa atas pemindahan IKN ke Panajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Tengah akan berdampak sistemik kepada Mura, mengingat jarak dari Bumi Tana Malai Tolung Lingu ke Panajam Paser Utara tidak terlalu jauh.

"Karena pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur, tentunya mempunyai dampak bagi Kabupaten Murung Raya. Daerah kita ini termasuk dalam salah satu kabupaten penyangga Ibu Kota Negara," kata Rejikinoor, Senin, 24 Februari 2020.

Menurut Rejikinoor, dengan dipilihnya Kaltim sebagai IKN, tentunya kabupaten penyangga akan merasakan dampak dari pembangunan itu. 

Ia menyebut bahwa Kabupaten Mura harus bersiap dan berbenah. Tidak hanya pada persiapan sarana dan prasarana infrastruktur, akan tetapi persiapan sumber daya manusia atau SDM agar dapat menyesuaikan terhadap kebutuhan dan perkembangan pembangunan.

"Beberapa waktu lalu kita telah menghadiri musrembang Regional Kalimantan untuk percepatan pembangunan di Kalimantan supaya Kalimantan lebih maju," ungkapnya.

Untuk itu juga, ia berharap agar pemerintah pusat bisa memperhatikan Kalimantan secara khusus yakni Kalimantan Tengah, agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan di IKN.

Lebih jauh Rejikinoor menyampaikan, bahwa setidaknya 5 kementerian mendukung pembangunan Kalimantan, seiring ditetapkannya ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Dukungan kementerian, terungkap dalam Musrenbang Regional Kalimantan 2020 yang digelar di Kota Pontianak Kalimantan Barat atau Kalbar. Musrenbang itu dibuka Mendagri, Tito Karnavian. (RENO/B-7)

Berita Terbaru