Organisasi Masyarakat Adat Diminta Mengayomi

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 Februari 2020 - 09:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Organisasi masyarakat adat Dayak di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) harus mengayomi semua pihak yang ada di daerah ini.

"Organisasi Dayak harus bisa mengayomi masyarakat dari mana saja yang tinggal di daerah ini. Berikan contoh yang baik," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, Selasa, 25 Februari 2020.

Dia mengatakan, pribadi masyarakat adat Dayak sangatlah baik. Bahkan selalu terbuka bagi siapapun yang ingin menetap di Kotim ini. Asalkan selalu rukun, damai, dan hidup berdampingan.

Untuk itu, diharapkan organisasi masyarakat adat Dayak bisa menjadi pelopor bagi organisasi lainnya yang ada di daerah ini. Bahkan sudah seharusnya membuat kegiatan-kegiatan positif yang bisa menciptakan kesejukan untuk daerah ini.

"Saya harap organisasi Dayak bisa menjadi pelopor bagi organisasi yang lain di daerah ini. Dan selalu bergandengan tangan antar sesama masyarakat di daerah ini," kata Halikinnor.

Sementara, Ketua Harian DAD Kotim, Untung mengatakan, pihaknya sepakat dengan pemerintah daerah. Yakni, untuk selalu bergandengan tangan dan saling menghargai. Namun dia berharap agar semua pihak menghormati kearifan lokal yang sudah ada.

"Masyarakat Dayak sangat terbuka untuk pendatang, namun harus menghargai dan menghormati kearifan lokal yang sudah ada saat ini," terang Untung. 

Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga kondusivitas daerah. Jangan sampai menyebarkan isu-isu yang bisa membuat kegaduhan.

"Redam semua isu, jangan sembarangan berbicara. Lebih baik diam kalau tidak tahu permasalahannya. Karena kita semua harus menjaga daerah ini yang sudah kondusif," harap Untung. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru