Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kotim : Ada 5 Hal Yang Membuat Seseorang Gagal Sukses

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 25 Februari 2020 - 15:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menyebut ada 5 hal yang membuat sesesorang gagal sukses. Dan hal itu harus dijauhi dalam diri. 

"Ada 5 hal yang membuat kita gagal, dan ini jangan sampai mengendap dalam diri kita," ujar Halikinnor, saat menjadi pembicara pada temu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sampit, Selasa, 25 Februari 2020. 

Ke 5 hal yang membuat seseorang gagal tersebut yakni sering mengungkapkan sejunlah kata. 

1. Ungkapan bukan salah saya sering terdengar dari seseorang. Sebenarnya hal itu kurang baik, karena menjadikan seseorang yang tidak mau mengakui kesalahan diri sendiri. 

2. Ungkapan saya tidak bisa, itu juga harus dihindari. Karena kalau tidak bisa, maka harus dilawan dengan belajar. Dan itu adalah kunci dari semua orang yang ingin sukses. 

3. Hidup ini tidak adil, pikiran tersebut harus dirubah. Karena Allah menciptakan manusia semua sama. Tinggal manusia itu sendiri yang mau berusaha atau tidak. Sehingga jangan hanya melihat orang yang sudah sukses saja. Namun lihatlah sebelum ia sukses bagaimana.

4. Saya sudah tahu, itu adalah pemikiran yang juga harus dihilangkan. Karena hal itu akan menutup diri untuk belajar. 

5. Saya tidak punya pilihan, pikiran tersebut juga sangat salah. Karena hidup didunia ini sangat banyak pilihan, dan semua bisa dilakukan asal ada kemauan. 

Halikinnor berharap hal itu bisa dihindari ara pelaku UMKM di daerah ini dan para pemuda yang ingin atau sudah memulai berwirausaha, sehingga nantinya bisa sukses. 

"Kalau memang usaha awal kita gagal, cari tahu apa penyebabnya dan ccari cara lain agar nantinya bisa sukses. Karena usaha tidak akan menghianati hasil," terangnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru