Tim PKRS RSUD Kapuas Berikan Penyuluhan Tentang Penyakit Hipertensi Lewat Radio

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Februari 2020 - 15:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit hipertensi lewat Radio Siaran Pemerintah Daerah atau RSPD pada Selasa, 25 Februari 2020.

Penyuluhan atau Promosi Kesehatan Rumah Sakit disampaikan oleh dr Oktavia Putri Wulandari Effendi selaku Dokter Internsip, beserta Tim PKRS dipandu pemawa acara dari RSPD Kapuas.

dr Oktavia menerangkan bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh.

Sehingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung, hingga kematian.

“Hipertensi adalah salah satu penyakit yang sering disebut dengan pembunuh diam-diam karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang. Namun, penyakit ini mungkin mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa layaknya penyakit jantung," ucap Oktavia, dalam siarannya.

Lebih lanjut, untuk mengukur tekanan darah, dokter atau tenaga kesehatan biasanya akan memakaikan manset lengan tiup di sekitar lengan dan mengukur tekanan darah dengan menggunakan alat pengukur tekanan. Hasil pengukuran tekanan darah dibagi menjadi empat kategori umum

"Antara lain tekanan darah normal, yaitu di bawah 120/80 mmHg, tekanan darah tinggi, bila tekanan sistolik berada di kisaran 120-129 mmHg dan tekanan diastolik berada di bawah 80 mmHg, karena itu perlu dideteksi dini," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru