Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Siswa MAN Kapuas Ikuti Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Februari 2020 - 19:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas antusias mengikuti sosialisasi pencegahan penyakit tidak menular yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kapuas bersama Puskesmas Melati di aula madrasah setempat.

Kegiatan itu juga sekaligus sosialisasi pengenalan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) kepada beberapa perwakilan siswa, guru, dan pengelola kantin di lingkungan MAN Kapuas,

Materi disampaikan pegawai Dinas Kesehatan Kapuas Yuniarti Noor untuk mengedukasi mengenai penyakit tidak menular. Sekaligus untuk membangun kesadaran dan kerjasama warga sekolah yaitu para guru dan juga siswa-siswi dalam mendeteksi dini timbulnya penyakit tidak menular.

Untuk itu, melalui kerjasama dengan Posbindu pihaknya berharap kedepannya penyakit tersebut dapat dicegah sebelum terjadi gejala yang lebih parah.

“Ada beberapa penyakit tidak menular seperti diabetes, stroke, jantung coroner, kanker, dan sebagainya merupakan kasus terbanyak yang ada di Indonesia," ucap Yunarti, Selasa, 25 Februari 2020.


"Penderitanya pun tidak memandang usia, sehingga perlu adanya kesadaran dari semua pihak dari segala usia untuk menerapkan pola hidup sehat," lanjut dia.

Sementara itu, Norhasna selaku koordinator UKS MAN Kapuas menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas karena telah memberikan ilmu dan inspirasi bagi pengembanga program UKS kedepannya.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran narasumber untuk memberikan ilmunya tentang penyakit tidak menular dan bagaimana peran Posbindu sebagai sarana untuk memeriksakan gejala penyakit tersebut secara dini,” ucap Norhasna.

Lebih lanjut, ia menuturkan ke depannya akan berencana untuk menerapkan program pengecekkan kesehatan siswa- siswi oleh petugas UKS untuk mendeteksi penyakit tidak menular tersebut di sekolah.

Berita Terbaru