Tiga Terdakwa Kasus Pencurian Sarang Walet Dituntut 2 Tahun Penjara

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 25 Februari 2020 - 19:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tiga terdakwa kasus pencurian sarang walet dituntut 2 tahun penjara oleh JPU di Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Selasa, 25 Februari 2020. Mereka berinisial BH, MT dan MN. 

Dalam kasus itu, para terdakwa melanggar ketentuan sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 363 Ayat 2 KUHPidana, atau Pasal 363 Ayat 1 ke-4 dan ke-5 KUHPidana. 

"Tuntutan 2 tahun penjara dikurangi selama masa penahanan dan membayar biaya perkara sebesar Rp 5 ribu," kata JPU Qurotul Aini S Farida mewakili Halim Parlindungan Harahap.

Atas tuntutan tersebut, ketiga terdakwa memohon keringanan hukuman pada Ketua Majelis Hakim Iman Santoso. Berbagai alasan mereka sampaikan, yang pada umumnya telah mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

Bahkan ada yang beralasan karena ingin menikah, sebab rencananya menikah pada Desember 2019 lalu gagar lantaran tersandung kasus ini.

"Saya mohon keringanan hukuman yang mulia. Saya punya orang tua tinggal satu dan mau menikah. Karena tahun lalu gagal yang mulia," kata BH.

Sebelumnya, ketiga terdakwa itu melakukan aksi pencurian di Jalan Trans Pangkalan Bun - Kolam Km 41, Kelurahan Kotawaringin Hilir, Kecamatan Kotawaringin Lama pada November 2019 lalu. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru